Cara Cerdas Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

Sembelit termasuk dalam satu dari sekian banyaknya masalah yang sering dihadapi oleh Ibu hamil, mengapa demikian? Karena sembelit adalah masalah pencernaan yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon sehingga membuat gerak dari usus menjadi melambat.

Akibatnya, terjadi penyerapan yang begitu cepat pada tinja sehingga kotoran yang ada pada tubuh menjadi lebih padat dan sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, adanya tekanan dari rahim yang membuat usus menjadi susah bergerak juga menyebabkan ibu hamil sulit untuk buang air besar.

konsultasi dokter kandungan

Jika Anda berada dalam situasi ini, jangan khawatir. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan sembelit dan mengurangi rasa sakit akibat sembelit tersebut. Apa saja caranya? Berikut untuk informasinya.

  • Pastikan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik

Pada dasarnya, sembelit merupakan masalah pencernaan karena kurangnya asupan cairan yang dikonsumsi. Jika Anda ingin terbebas dari sembelit, pastikan Anda minum air putih setidaknya sebanyak 10 gelas per hari.

Air putih nyatanya memang bisa membuat makanan-makanan padat yang berada di saluran percernaan menjadi tercerna dengan lebih baik. Selain itu, air putih ternyata mampu melunakan feses sehingga bisa tercerna dengan maksimal. Selain air putih, Anda bisa mengatasinya dengan minum aneka jus ataupun air lemon.

  • Perhatikan kebutuhan serat perharinya

Kebutuhan serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil rata-rata 25 sampai dengan 35 gram perharinya, jika kurang dari jumlah tersebut, maka bisa dipastikan kesehatan perncernaan menjadi terganggu dan akan terjadi sembelit.

Setidaknya sehari, Anda mengkonsumsi buah-buahan, roti gandum, kacang-kacangan, dan sayuran yang tinggi akan serat. Pastikan anda memakan sayuran hijau dan buah kiwi jika sembelit sudah terlanjur Anda rasakan.

  • Hindari kebiasaan untuk menunda buang air besar

Jika Anda memiliki kebiasaan untuk menunda aktivitas buang air besar, sebaiknya hilangkan hal tersebut. Jika Anda terlalu sering melakukan penundaan, maka hal tersebut bisa melemahkan otot pengontrol yang ada pada usus sehingga memicu terjadinya sembelit.

Nah, hal ini tentu saja berlaku untuk Ibu hamil. Jika sudah mulai merasa mulas, sebaiknya Anda buru-buru pergi ke toilet untuk buang air besar. Jangan tunggu perut semakin sakit, karena hal tersebut bisa membahayakan kesehatan janin dan Anda sendiri.

  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Salah satu makanan yang banyak mengandung probiotik adalah yogurt, dan yogurt termasuk dalam makanan yang ampuh untuk mengatasi sembelit. Zat probiotik yang terkandung di dalamnya mampu membuat bakteri lebih aktif dalam memecah makanan yang ada di dalam usus.

Bagi Anda yang tidak menyukai yogurt, Anda bisa menggantinya dengan makanan-makanan yang dianjurkan oleh dokter. Pastikan Anda melakukan pemilihan makanan melalui konsultasi dokter kandungan dan jangan sampai Anda melakukan pemilihan sendiri, karena setiap kondisi dari Ibu hamil pasti berbeda-beda.

Selain dengan beberapa cara diatas dan beberapa informasi terkait makanan yang perlu dan dianjurkan untuk dikonsumsi, Anda harus selalu aktif bergerak agar menghilangkan rasa sembelit yang dirasakan.

Berolaragalah setidaknya 30 menit sehari, atau rutin berjalan kaki sebanyak 10 menit sehari. Hal ini penting dilakukan agar si Ibu selalu berada dalam kondisi yang fit dan sehat, dimana tentunya hal ini akan berpengaruh pula pada kesehatan si janin.

Bagaimana? Mudah bukan? Jika Anda masih belum berhasil mengatasi sembelit yang dirasakan. Silahkan gunakan fitur chat dengan dokter untuk konsultasi dengan dokter kandungan terpercaya, semoga lekas sembuh.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>